Kelompok 3 KKN Tematik 2024 ITS Paluta melakukan sosialisasi PHBS kepada Siswa-Siswi SDN 101140 SUNGAI DURIAN



PADANG LAWAS UTARA,- Kelompok 3 KKN Tematik 2024 ITS Paluta melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada siswa-siswi SDN 101140 Sungai Durian. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat dan bersih.

Kegiatan sosialisasi PHBS ini diadakan di SDN 101140 Sungai Durian dan dihadiri oleh siswa-siswi SDN 101140 Sungai Durian dan masyarakat. Materi yang disajikan dalam kegiatan ini diberikan langsung semua mahasiswa KKN Tematik ITS Paluta. Materi sosialisasi yang disampaikan antara lain mencuci tangan sebelum makan menggunakan sabun, sikat gigi setelah makan, menggunakan jamban sehat dan bersih, olahraga yang teratur dan pola makan yang bergizi, 

Kepala sekolah SDN 101140 Sungai Durian dan Kepala Desa Sungai Durian sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada mahasiswa KKN Tematik 2024 ITS Paluta atas terlaksananya kegiatan ini. Menurut beliau, kegiatan ini sangat penting dilakukan karena dapat memberikan informasi dan edukasi kepada siswa-siswi tentang pentingnya membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Dalam kegiatan ini, mahasiswa kelompok 3 KKN Tematik juga dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan ITS Paluta untuk meningkatkan efektivitas program kerja yang telah disusun. Sinergitas yang terbangun dari berbagai pihak terkait membuat mahasiswa dapat melaksanakan dan menyelesaikan seluruh kegiatan. 

Dalam kegiatan ini, siswa-siswi SDN 101140 Sungai Durian diajarkan tentang konsep PHBS dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mereka juga diajarkan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan rumah serta sekitar sekolah.  Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa-siswi dan masyarakat tentang pentingnya hidup sehat dan bersih, serta mendorong mereka untuk menerapkan praktik PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN kelompok 3 ITS Paluta, diharapkan dapat terciptanya generasi yang lebih sadar dan peduli terhadap kesehatan dan lingkungan. Kegiatan sosialisasi ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup siswa-siswi SDN 101140 Sungai Durian dan masyarakat sekitar sehingga dapat terciptanya masyarakat yang lebih sehat dan bersih. Dengan demikian, diharapkan dapat terciptanya dampak yang lebih luas dan berkelanjutan.*(AIS)

Posting Komentar

0 Komentar